Warbaal : Papua Barat Punya Potensi Jadi Lumbung Pangan

Foto: Plt Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat Agustinus Warbaal. (ELS/NN)

MANOKWARI – Potensi lahan dan pangan yang beragam di tujuh kabupaten, menjadi faktor pendukung untuk mewujudkan keinginan Papua Barat sebagai sentra lumbung pangan.

Hal ini sejalan dengan keinginan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

“Papua Barat bisa jadi lumbung pangan seperti Merauke di Papua Selatan,” ujar Plt Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat Agustinus Warbaal, Jumat (7/6/2024).

Ia menyebut luasan serta pemanfaatan lahan di Manokwari dan Manokwari Selatan, sangat berpotensi mendukung upaya tersebut.

“Pemanfaatan lahan mengarah ke sana, terus berkembang setiap hari. Kita juga tidak mengabaikan potensi pangan lokal seperti umbi-umbian,” ucapnya.

Potensi tersebut dikembangkan melalui program berkelanjutan dalam beberapa tahun terakhir.

“Kita juga dorong perkembangan Pajele, Padi, jagung dan kedelai meski hanya di beberapa daerah saja. Intinya, semua sektor digerakkan mendukung swasembada pangan,” kata dia lagi.

Dari data yang dihimpun menyebutkan luasan areal pertanian mencapai 3 ribu hektare di Manokwari. Sementara potensi lahan pertanian mencapai 10 ribu hektare.

Manokwari juga diyakini memiliki basis pertanian yang kuat dan memungkinkan menjadi lumbung pangan di Papua Barat. Hal itu juga tentu mendorong daerah lain untuk menjadi sentra pangan.

“Kedatangan Mentan ke Manokwari juga mendorong peningkatan produksi pangan. Kita dapat tambahan pupuk sesuai permintaan sebelumnya,” singkat Warbaal.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *