YKI Gandeng Pemerintah, Gelar Diseminasi Hasil Studi Daya Dukung Pariwisata Hiu Paus Kaimana

YKI dalam pelaksanaan Diseminasi Hasil Studi Daya Dukung Pariwisata Hiu Paus Kaimana, Kamis (14/9/2023).

KAIMANA – Yayasan Konservasi Indonesia (YKI) menganggendeng Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Kaimana dalam pelaksanaan Diseminasi Hasil Studi Daya Dukung Pariwisata Hiu Paus Kaimana, Kamis (14/9/2023).

Kegiatan itu menghadirkan OPD terkait, Raja Namatota Randi Asnawi Ombaier, Dewan Adat Kaimana, pengelola bagan, masyarakat.

Asisten I Setda Kaimana, Luther Rumpombo yang membuka kegiatan itu menyebut, studi itu memberikan pemahaman yang lebih baik tentang habitat hiu paus di Kaimana, perilaku dan dampak interaksi manusia terhadap lingkungan mereka.

“Dengab pengetahuan ini, kita dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk mengelola pariwisata dengan meminimalisir dampak negatif dalam rangka menjaga keanekaragaman hayati laut,” ungkapnya.

Kata dia, Kabupaten Kaimana adalah rumah bagi spesies ikan, khususnya hiu paus yang berkharismatik. Melindungi dan melestarikan itu, menjadi tanggung jawab bersama dalam pengembangan sektor pariwisata daerah.

“Saya harap ini jadi landasan yang kuat dalam pengelolaan pariwisata hiu paus, supaya memberikan dampak positif bagi masyarakat,” tandasnya.

(REN/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *