Sepakbola PON XXI: Babat Sulbar, Papua Barat Gantung Harapan ke Sumut

Ekspresi pemain Papua Barat usai menang 3-1 lawan Sulbar di Stadion Dimurthala Banda Aceh, Rabu (11/9/2024). (IST)

MANOKWARI – Sepakbola putra Papua Barat, mendulang poin penuh usai menang 3-1 atas Sulawesi Barat di Stadion Dimurthala Banda Aceh, Rabu (11/9/2024).

Eduard Rocky Mandosir membuka keunggulan Papua Barat saat 17 menit laga berjalan. Tendangan kerasnya dari dalam kotak pinalti gagal dihalau kiper Sulbar.

Papua Barat menggandakan keunggulan lewat Jhon Eduard Josua Wutoy setelah handball pemain bertahan lawan. Pemilik jersey bernomor 17 itu dengan dingin mengelabuhi kiper lawan dari titik putih.

Respon cepat Sulbar memaksa kiper Papua Barat Mohamad Febriansyah melakukan pelanggaran dalam kotak pinalti. Peluang ini mampu dikonversi menjadi gol oleh Roy Jordi.

Tempo dua tim meningkat di sisa waktu babak pertama, namun skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Papua Barat yang membutuhkan tambahan gol, langsung tancap gas di babak kedua. Sebaliknya, Sulbar tak ingin kalah demi menjaga peluang ke 8 besar.

Keasikan menyerang membuat pertahanan Sulbar terbuka lebar yang mampu dimaksimalkan pemain Papua Barat. Skema serangan balik di menit 80 berhasil mengubah skor 3-1 lewat sepakan Reinhart Josias Boring.

Keunggulan margin dua gol Papua Barat bertahan hingga akhir laga. Papua Barat naik ke urutan tiga klasemen, dengan koleksi 5 poin yang sama dengan Sulawesi Tengah (kalah selisih gol).

Sulteng yang sementara runner up, akan bertanding Rabu malam menghadapi tuan rumah Sumatera Utara. Hasil laga ini sangat berpengaruh untuk Papua Barat.

Jika bermain imbang, Sulteng dipastikan menemani Sumut ke perempat final. Sebaliknya, Papua Barat lolos jika Sulteng kalah dengan margin minimal tiga gol.

Sebelumnya Ketua Asprov PSSI Papua Barat Faisal Kelian, yakin tim Sumut akan tampil all out untuk memenangkan pertandingan terakhir.

Klasemen Grup B sepakbola PON 2024

  1. Sumut 3 kali main (2 menang, 1 imbang, 0 kalah) selisih gol (6-1) poin 7.
  2. Sulteng 3 kali main (2 menang, 2 imbang, 0 kalah) selisih gol (3-2) poin 5.
  3. Papua Barat 4 kali main (1 menang, 2 imbang, 1 kalah) selisih gol (7-6) poin 5.
  4. Sulbar 4 kali main (0 menang, 3 imbang, 1 kalah) selisih gol (2-4) poin 3.
  5. Jateng 4 kali main (0 menang, 2 imbang, 2 kalah) selisih gol (2-5) poin 2.

(RED/NN)

error: Content is protected !!
Exit mobile version