10 Orang Meninggal Akibat Rusuh di Wamena, Aparat Pertebal Pengamanan

Kerusuhan pecah di Wamena, Jayawijaya, Kamis (23/2/2023) siang. Kejadian ini mengakibatkan 10 orang meninggal dunia. (IST)

JAYAPURA – Sedikitnya 10 orang dikabarkan meninggal dunia buntut kerusuhan di Sinakma, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, Kamis (23/2/2023).

Saat ini para korban meninggal dunia masih berada di kamar jenazah RSUD Wamena.

“Korban bertambah dari 9 menjadi 10 orang,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo di Jayapura, Jumat (24/2/2023).

Ia mengatakan kejadian ini berawal dari isu penculikan anak di Kampung Sapalek, Jalan Trans Irian, Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Menurutnya bentrok pecah saat personil Polres Jayawijaya berusaha mengamankan seorang pria yang diduga sebagai pelaku penculikan.

Dari informasi yang diperoleh menyebutkan supir yang mengendarai mobil tujuan Kampung Yomaima, sempat ditahan masyarakat kampung Sinakma.

“Saat polisi berupaya melerai, tapi kemudian diserang dengan lemparan batu. Beberapa tembakan peringatan pecah dan massa semakin brutal sehingga berujung pembakaran beberapa ruko dan kios di situ,” terangnya.

Personel Polres Jayawijaya, BKO Brimob Polda Papua dan personil BKO Kodim 1702 Jayawijaya masih berjaga-jaga di sekitar lokasi kejadian.

“Penyelidikan berjalan, siapa dalang awal hingga kerusuhan pecah. Kami dalami dan sampai saat ini pengamanan di sana ditingkatkan,” kata Kombes Ignatius.

Kapolres Jayawijaya AKBP Hesman S. Napitupulu dan jajaran mengimbau masyarakat setempat agar tak mudah termakan isu tidak bertanggungjawab.

(IST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!