Ikuti Jejak Sang Ayah, Berlinda Mayor Pimpin PN Manokwari

Pelantikan Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1B Manokwari, Rabu (4/1/2023). (IST)

MANOKWARI – Untuk pertama kalinya, Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1B Manokwari dijabat seorang perempuan yang juga orang Asli Papua, Berlinda Ursula Mayor SH., LLM., MIR.

Berlinda dilantik Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat Doktor Hery Supriyono SH., M.Hum, Rabu (4/1/2023) di Manokwari.

Karir Berlinda tak jauh dengan ayahnya Efraim Mayor yang pernah menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Jayapura sekitar tahun 2000-an. Ternyata warisan ayahnya kini turun kepadanya.

“Benar pepatah buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Anak dari ketua pengadilan yang juga hakim kini menjadi ketua pengadilan,” ujar Hery.

Kebanggan tersendiri untuk perempuan Papua karena Berlinda merupakan perempuan asli Papua yang menjadi hakim sekaligus ketua pengadilan negeri. Dan, tidak menutup kemungkinan karirnya terus menanjak.

“Memang prosesnya tidak mudah, kalau pengadilan negeri Manokwari naik tingkat (kelas), ketuanya bisa ikut fit and proper test untuk jenjang karir,” papar Hery.

Menurut dia Pengadilan Negeri Manokwari berpotensi naik menjadi Kelas 1A. Dengan demikian Berlinda Mayor pun bisa menjabat ketua Pengadilan Negeri Kelas 1A seperti di pulau Jawa pada umumnya.

“Jika demikian dia berpotensi menjadi pimpinan yang lebih tinggi, bisa menjabat hakim di pengadilan tinggi atau ketua pengadilan Tinggi, mudah-mudahan di Papua Barat,” ucap Hary lagi.

Hary sebelum menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Papua Barat, pernah sebagai Ketua Pengadilan Negeri Manokwari 2003-2005.

(RLS)

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *