Pulau Tubir Seram Bakal Dijadikan Pusat Destinasi Wisata Kota Fakfak

Fakfak – Tugu Monumen Sejarah Pahlawah Asal Fakfak Krapangit Gewab yang terletak pada Pulau Tubir Seram di seberang Kota Fakfak akan dijadikan Destinasi Wisata modernt, hal ini dikatakan Pj Gubernur Papua Barat Komjend Pol Purn Drs. Paulus Waterpauw, M,Si Rabu 16/11/2022 saat melakukan kunjungan ke pulau tersebut.

Untuk menempuh pulau Tubir Seram, Rombongan Pj Gubernur Papua Barat yang didampingi Pangdam XVII / Kasuari Mayjen TNI Daniel Tahi M. Silitonga, Bupati Fakfak Untung Tamsil, Bupati Kaimana Fredy Thie menggunakan perahu (belang) dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit dari Pelabuhan Pol Air Kabupaten Fakfak.

Paulus Waterpauw mengatakan, ini adalah kali pertama dirinya menginjakan kaki di pulau Tubir Seram, pasalnya sejak kelas 4 SD dirinya sudah merantau keluar dari Kota Pala Fakfak untuk menempuh pendidikan di pulau jawa.

“Pulau Tubir Seram harus dijadikan pusat destinasi di Kota Fakfak, kita akan anggarkan pembiayaan untuk pembuatan jalan lingkar pulau termasuk pembenahan Tugu Krapangit Gewab yang berada di puncak pulau Tubir Seram,” Tutur Pj. Gubernur.

Pada kesempatan itu pula Pj Gubernur menghimbau kepada masyarakat setempat agar jangan meninggalkan lahannya kosong.

“Kita jangan biarkan lahan kosong, kita harus kembangkan pertanian di daerah ini, tunjukan ciri khas kita sebagai orang Fakfak yang sudah dari dahulu kala terkenal dengan hasil pertanian pala,” beber Waterpauw.

Selain meninjau monument, Paulus Waterpauw juga kunjungi makan para leluhur untuk melakukan tabur bunga.

Usai kunjungi makan para leluhur, masyarakat setempat juga melakukan gelar tikar adat dengan menyuguhkan kopi, tembakau serta menyiapkan jamuan ala papua di pinggir pantai Tubir Seram. (RLS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!