Fraksi Otsus Ingatkan Timsel Soal Sekda Definitif Harus OAP, George : Kita Wilayah Kekhususan

Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, George Dedaida.

MANOKWARI – Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat, George Karel Dedaida, mengingatkan panitia Tim Seleksi Sekda Papua Barat untuk memperhatikan kekhususan afirmasi yang ada di Provinsi ini dalam menetapkan tiga nama calon Sekda Devinitif.

“Tiga nama calon Sekda semuanya harus OAP (Orang Asli Papua). Timsel harus pertimbangkan afirmasi yang ada di wilayah kekhususan. Karena Sekda itu akan memimpin wilayah kekhususan dan afirmasi itu ada undang undangnya (Otsus),” Ungkap Dedaida kepada sejumlah watrtawan, Kamis (5/10/2023).

Oleh sebab itu, Timsel kata dia harus bisa mengawal ruang otonomi khusus dengan cara mengambil pertimbangan melalui kerangka otsus dalam memberikan penilaian akhir kepada tiga calon Sekda yang ketiganya harus OAP.

Dia juga meminta agar semua pengambilan keputusan itu tidak selalu menggunakan pertimbangan pusat seperti yang selama ini terjadi.

“Sekda akan memimpin Papua Barat selama 5 tahun. Jadi, pertimbangan daerah sangat diutamakan, sebab Desentralisasi Asimetris itu berlaku dan ada Papua Barat di dalamnya,” tandasnya.

(RED/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *