Pesan Waterpauw : Pasukan Kita Banyak, Kejar KKB Sampai Dapat

Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Pur) Drs. Paulus Waterpauw ingin TNI-Polri tumpas KKB di Papua Barat. (Foto: ELS)

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si menilai jumlah pasukan TNI-Polri cukup untuk menumpas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang baru sja membuat onar di Moskona Utara, Teluk Bintuni.

“Saya sudah minta ke Kapolda dan Pangdam agar serius untuk ini. Pasukan kita banyak, harus kejar sampai dapat,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (13/10) usai memimpin pra Raker di gedung Auditorium PKK Arfai Manokwari.

Ia menyebut pembantaian empat pekerja jalan trans Bintuni-Maybrat oleh KKB di Kampung Majnik Distrik Moskona Utara, Kabupaten Teluk Bintuni, sangat mengganggu pembangunan di Papua Barat.

“Saya sangat kecewa dengan kejadian itu. Artinya ada kelompok yang melakukan tindak kekerasan secara masif hingga menghilangkan nyawa manusia,” paparnya.

Kejadian itu dinilai sebagai ‘noda’ yang sudah sangat mengganggu tanah Papua Barat. Apalagi Papua Barat selama ini dikenal bukan sebagai daerah konflik seperti Provinsi Papua.

Ia menyebut jika memang protes atau melarang dengan membatasi pekerjaan menggunakan cara yang santun tidaklah menjadi soal. Tetapi kelompok itu melakukan aksi kekerasan yang sangat tak manusiawi.

“Sudah sangat jelas mengganggu infrastruktur pembangunan, sekaligus menghambat investor yang ingin masuk Papua Barat. Pekerjaan jalan untuk membuka keterbatasan dan hubungan akses antar daerah selama ini,” kesalnya.

Kejadian penyerangan 14 pekerja jalan trans, 4 diantaranya tewas di kampung Majnik Distrik Moskona Utara, Kabupaten Teluk Bintuni, Kamis (29/9), menjadi perhatian publik.

Kini Polda Papua Barat dan polres jajaran, telah menyebar 12 tampang DPO pelaku penyerangan tersebut. Warga juga diharapkan memberi informasi jika melihat atau mendapati kelompok ini. (ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *