Replika Kapal Sultan Tidore Bakal Hadir di Pulau Mansinam

Atas : Pj. Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw dan Plt. Kadis PUPR Yohanis Momot (kanan. Bawah : Situs Injil tugu pendaratan Ottow dan Geissler di Pulau Mansinam, Manokwari. (RED)

MANOKWARI – Pemprov Papua Barat berencana membangun replika kapal yang mengantar dua penginjil Ottow dan Geissler dari Ternate Maluku Utara ke Pulau Mansinam Manokwari Papua Barat.

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengaku telah mendapatkan gambar replika kapal milik Sultan Tidore tersebut. Dan, pekerjaan itu masuk agenda tahun 2023.

“Kita sudah dapat replikanya dan tinggal dibangun. Semoga menjadi wisata religi di Pulau Mansinam,” bebernya di Manokwari, Jumat (27/1/2023).

Pelaksana tugas Kadis PUPR Provinsi Papua Barat Yohanis Momot merinci anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan replika kapal sekira Rp.5-6 miliar.

“Tapi itu diusulkan melalui APBN agar APBD kita tak terganggu karena sudah berkurang dengan pemekaran Papua Barat Daya,” sebutnya.

Usulan akan disampaikan langsung kepada Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, yang sedianya menghadiri perayaan HUT ke-168 Pekabaran Injil di Pulau Mansinam, 5 Februari 2023.

Menurutnya replika kapal dibangun sedikit ke arah laut persis di depan Pulau Mansinam, dilengkapi jembatan beton. Di dalamnya akan ada gambar sejarah perjalanan dua Penginjil dan juga tempat duduk untuk wisatawan.

“Replika kapal sedikit berbahan beton tapi dilapisi kayu. Dibangun dibagian depan agar terlihat seperti kapal hendak masuk, juga ada jembatan,” paparnya.

Ia.memastikan kehadiran replika kapal itu nantinya melengkapi situs Injil seperti tugu pendaratan dan situs lainnya dan diplotkam sebagai wisata religi di Pulau Mansinam.

(RED/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *