Unit Lantas Polsek Prafi Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas ke Sekolah

Sosialisasi tertib Lalu Lintas untuk pelajar SMA Negeri 1 Prafi. (Dok. Unit Lantas Polsek Prafi)

MANOKWARI – Satuan unit Lalu Lintas Polsek Prafi, melakukan sosialisasi tertib lalu lintas di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Prafi, Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari, Selasa (12/9/2023).

Kanit Lantas Polsek Prafi IPDA Imanuel Arwam mengungkap angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Manokwari, khususnya Prafi, terus meningkat.

“Kecelakaan di sini (Prafi) cukup tinggi, korban luka berat, luka ringan bahkan angka kematian akibat lakalantas juga meningkat,” ujarnya.

Menurut dia edukasi tertib lalu lintas ke generasi muda termasuk pelajar, sangat penting, sebab ada larangan berkendara bagi pelajar yang belum cukup umur.

Ini harus menjadi perhatian orang tua dan pihak sekolah, karena terdapat aturan yang wajib hukumnya dipatuhi pengendara termasuk pelajar.

Arwam menekankan pentingnya penggunaan helm, baik pengendara dan penumpang. Tentu untuk menghindari benturan yang tidak diinginkan saat insiden di jalan raya.

“Untuk itu diharapkan tertib berlalulintas. Taati rambu dan cek kelengkapan kendaraan juga surat-surat SIM dan STNK,” ujarnya.

Pihak sekolah diimbau ikut melalukan pengawasan kepada pelajar yang menggunakan motor, agar terhindar dari pelanggaran lalu lintas dan resiko kecelakaan.

Arwam mengaku sosialisasi seperti ini digelar bergiliran ke sekolah-sekolah, sekaligus merupakan bagian dari operasi Zebra Mansinam, 4-17 September 2023.

(RLS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!