Usai Top di Amsterdam, Olahan Es Krim Coklat Ransiki Kini Idola di Jakarta

Foto: Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat Agustinus Warbaal, S. Sos., MP,. (ELS/NN)

MANOKWARI – Coklat Ransiki menjadi primadona di ibu kota Jakarta. Banyak peminat yang rela antri untuk membeli es krim Coklat Ransiki di Mall Kelapa Gading.

“Benar, banyak masyarakat rela mengantri es krim Coklat Ransiki di Jakarta,” ujar Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Papua Barat Agustinus Warbal, Kamis (28/3/2024).

Ketenaran coklat Ransiki berkat bantuan salah satu pengusaha di Jakarta, yang membutuhkan sekira 2 ton untuk setiap kali pengiriman.

“Selama ini permintaan bahan baku coklat yang dikirim dari Ransiki ke Jakarta, mencukupi,” ujarnya.

Coklat Ransiki juga mendapat predikat Emas di Amsterdam, Belanda. Penilaian itu kata Agus, menjadikan coklat Ransiki menjadi yang terbaik.

Pemenuhan kebutuhan produksi dan permintaan menjadi hal penting, sebab olahan es krim coklat laris manis.

“Pengusaha hanya ingin olahan es krim dari coklat Ransiki, tidak dengan coklat lain. Untuk itu harus penuhi permintaan bahan baku ke sana,” paparnya.

Agus mengaku dukung penuh dinas untuk meningkatkan produksi coklat Ransiki, termasuk komunikasi dengan kementerian.

Lanjut dia, komunikasi itu untuk melihat porsi atau bagian mana yang ditangani dinas dan bagian lain yang didukung kementerian dari pusat.

“Kami tentu harap yang terbaik. Pengembangan coklat Ransiki masuk program untuk salah satu tanaman yang dominan di Papua Barat,” singkatnya.

(ELS/NN)

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *