Jauh Dibawah Target, Dinkes Kaimana Genjot Pelaksanaan Tes HIV

Pelaksanaan hari AIDS se dunia di Kabupaten Kaimana.

KAIMANA – Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) akan terus menggenjot pelaksanaan tes HIV di Kabupaten itu.

Kepala Bidang P2P pada Dinkes Kaimana, Jubair Rumakat mengatakan, target yang diberikan Dinkes Papua Barat untuk pelaksanaan tes HIV sebanyak 5.000 orang.

“Sampai saat ini, kita baru melaksanalan tes terhadap 1.700 orang. Kita akan menggenjot pelaksanaan tes untuk mengejar target tersebut,” ujar Jubari dalam pelaksanaan kegiatan hari AIDS Sedunia, Sabtu kamarin.

Dalam peringatan itu, Dinkes Kaimana menggelar sejumlah kegiatan yakni, jala sehat, senam, pembagian coklat serta pemasangan pita, orasi tentang bahaya HIV dan penularannya termasuk pelaksanaan tes HIV.

Melalui peringatan itu, dia mengajak partisipasi serta peran komunitas untuk mengajak dan membangunan kerjasama untuk menuju indonesia bebas AIDS di tahun 2030.

Dalam penanganan HIV/AIDS ada Tiga zero yang meliputi, zero infeksi baru, zero kematian terkait AIDS dan zero stigma dan diskriminasi menuju Indonesia bebas AIDS pada 2030.

“Saya harap, masyarakat Kaimana berani untuk melakukan test HIV karena obatnya gratis dan dijamin kerahasiaan dari orang yang menjalani test,” tambahnya.

(REN/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *