Lillyani M. Orisu Pimpin Bin Syowi Bar Mnukwar

Pengukuhan Ikatan Perempuan Biak Bin Syowi (IPBBS) Manokwari, Jumat (2/12/2022). (Foto: RED)

MANOKWARI – Lillyani M. Orisu dipercaya memimpin para Bin Syowi Bar Manokwari, bangkit dan sejajar dengan organisasi perempuan suku lain dalam mengisi pembangunan di Papua Barat.

Hal itu diungkap Ketua umum Ikatan Perempuan Biak Bin Syowi (IPBBS) tanah Papua, Mintje Anna Yawan saat pengukuhan Ikatan Perempuan Biak Bin Syowi (IPBBS) Manokwari, Jumat (2/12/2022).

“Ini saatnya para Bin Syowi di Manokwari, berbenah diri dan melangkah maju, bersinergi dengan organisasi perempuan lain mendukung program pemerintah daerah,” kata Anna Yawan.

Menurut dia perempuan suku Biak sebagai pencetak generasi penerus dituntut mampu menjawab tantangan moderenisasi, dengan mengembangkan potensi diri.

“Tak ada cara lain, Bin Syowi membangun potensi diri berkontribusi mengisi pembangunan dalam kerja birokrasi pemerintahan, politik, bisnis dan usaha rumah tangga,” ujarnya lagi.

IPBBS Manokwari diajak mengandalkan Tuhan, bergandengan tangan dengan pemerintah dan organisasi wanita berbagai suku, tentu dengan saling menghargai satu sama lain.

Ia menilai kelebihan dan kekurangan adalah aset yang harus dikelola sebagai anugerah Tuhan, sehingga tercapai keseimbangan dan harmonis.

“Agar generasi saat ini tidak menjadi generasi ‘iwarai’ atau generasi tidak punya tujuan,” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Suku Besar (Mananwir Beba) Biak Yan P. Yarangga mengukuhkan enam perempuan Biak sebagai pilar atau cerminan untuk seluruh Bin Syowi di Manokwari.

Enam pilar Bin Syowi mendapat mandat dan bertanggung jawab mengarahkan serta mengedukasi perempuan Biak untuk memposisikan diri dalam berbagai bidang kehidupan. (RLS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!