Roma M P Waterpauw Bicara Stunting di Wariori : Stop Nikah Muda

Roma M P Waterpauw saat memberikan sosialisasi terkait stunting di Kampung Wariori, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari.

MANOKWARI – Penjabat Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Papua Barat menyambangi Kampung Wariori, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari. Dengan misi menekan stunting, Roma memberikan sosialisasi kepada warga di kampung tersebut.

“45 persen penyebab stunting di Papua Barat karena anak lahir dari orang tua yang menikah dini. Kesehatan dan tumbuh kembang bayi terganggu,” ujar Roma saat memberikan pencerahan kepada warga.

Selain itu, Roma juga menekankan soal gaya hidup bersih seperti sanitasi, air bersih, jamban yang sehat dan cuci tangan pakai sabun, itu sebabnya, pemerintah membangun MCK di wilayah Distrik Manokwari Utara dan Masni dengan jumlah ratusan.

“Itu beberapa tips pencegahan stunting. Hal lainnya seperti pemantauan janin untuk seribu hari pertama dalam kandungan, pemberian gizi dari dalam kandungan lahir dan berusia dua tahun,” terangnya.

Dikatakan Roma, pencegahan stunting menjadi tanggung jawab dan perhatian semua pihak, demi menyelamatkan generasi penerus bangsa.

“Kalau kita terlambat membekali kesehatan dan mental anak dengan baik, kita sendiri yang akan rugi karena kekurangan generasi penerus bangsa ini,” terangnya.

(RLS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *