Angel Berlian Fonataba Wakili Indonesia di Y7 Jepang Summit 2023, Waterpauw : Ini Aset Tanah Papua

Pj..Gubernur Papua Barat Drs. Paulus Waterpauw, M.Si saat berbincang bersama Angel Berlian Fonataba. (IST)

MANOKWARI – Potensi kaum muda milenial Papua tak lagi dipandang sebelah mata. Kini banyak anak Papua yang mencetak prestasi, tak hanya nasional tapi juga mendunia.

Salah satunya adalah Angel Berlian Fonataba. Ia terpilih mewakili Indonesia di Youth 7 (Y7) Summit tahun 2023 di Hiroshima, Jepang.

Diketahui Y7 summit adalah ajang internasional bergengsi yang masuk bagian penting dari pertemuan tingkat tinggi Group of 7 (G7) atau negara-negara terkuat bidang industri, politik dan ekonomi. Mereka adalah Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Kanada dan Uni Eropa.

Angel bertugas ikut merumuskan beberapa keputusan bidang ketahanan Ekonomi, inovasi dsn transformasi digital, iklim dan lingkungan, kesehatan dan kebahagiaan serta perdamaian dan keamanan.

Ia mewakili Indonesia ke Jepang setelah lolos dari seleksi ketat yang digelar di seluruh dunia. Angel dan teman-temannya telah dan sedang mengawali diskusi secara daring, kemudian bertemu di Hiroshima untuk berdiskusi seiring pelaksanaan G7.

Kemudian, keputusan Y7 menjadi salah satu referensi dalam pengambilan keputusan dengan dasar, mewakili pandangan kaum milenial atau generasi penerus.

“Saya mengapresiasi dan mendukung Angel. Ia adalah aset, bukan hanya bagi Tanah Papua dan Indonesia, tapi juga bagi dunia,” kata penjabat Gubernur Papua Barat Drs. Paulus Waterpauw, M.Si, Kamis (6/4/2023).

Angel menempuh pendidikan bidang bisnis di Jerman, Australia, dan Uni Eropa. Saat ini ia sebagai memimpin perusahaan Pertanian Urban di Manokwari bernama Djibran Farming.

Usaha itu diantaranya mengembangkan tanaman hidroponik dan menjualnya. Apa yang dilakukan sejalan dengan semangat Gubernur Waterpauw mendukung ketahanan pangan di Papua Barat.

(RLS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *